Kronik Pendek

Tanggal Pembuatan: 17 Juli 2021
Tanggal Pembaruan: 13 Boleh 2024
Anonim
MJ 12 Kronik (English Sub)
Video: MJ 12 Kronik (English Sub)

Isi

Itu kronik Ini adalah jenis narasi yang menyajikan peristiwa-peristiwa dalam bentuk kronologis, dan berusaha sejelas dan seobjektif mungkin mengenai topik yang dinarasikan.

Kronik menceritakan dan mentransmisikan peristiwa secara berurutan, dengan tujuan untuk memperkenalkan dan meneruskan peristiwa yang dinarasikan kepada pembaca.

Anda dapat membuat kronik pendek tentang film, peristiwa sejarah, buku, peristiwa tertentu, dll. Contoh kronik yang paling terkenal adalah kisah Alkitab karena secara kronologis menceritakan peristiwa yang terjadi di zaman kuno.

• Lihat juga: Urutan kronologis

Penggunaan kronik

Umumnya, kronik pendek mengacu pada tempat dan waktu (tanggal dan waktu) untuk menempatkan pembaca dalam ruang dan waktu. Kronik pendek sering digunakan dalam bidang jurnalistik karena merupakan genre yang efisien untuk menyampaikan peristiwa secara obyektif.

Dalam kasus lain, kronik mungkin ditujukan untuk audiens kecil, seperti ruang kelas di sekolah. Karena pemahamannya yang mudah, babad sering digunakan dalam cerita anak-anak, narasi untuk pengajaran bahasa.

• Lihat juga: Literary Chronicle

Contoh kronik pendek

1. Kronik jurnalistik pendek

Ana bangun pada hari Jumat, 14 Maret pukul 10 pagi seperti kebiasaannya.

Setelah sarapan, dia pergi.

Dia berjalan keluar pintu ke kantor kerjanya yang beberapa blok dari rumahnya.

Saat melintasi Avenida San Martín yang besar, dia tidak memperhatikan bahwa ada mobil yang datang ke arah yang berlawanan dan, tanpa dapat menghindari Ana, mobil itu menabraknya.

Ana dipindahkan ke rumah sakit terdekat. Untungnya dua hari kemudian Ana dipulangkan dengan luka ringan dan kontrol medis eksternal.

1. Kronik cerita anak-anak

Pada tahun 2001, di awal kelas, María, yang baru berusia 4 tahun, telah memberi tahu ibunya bahwa dia tidak akan pergi ke sekolah. Dia merasa sangat kecil dan tidak ingin dipisahkan darinya.

Dia menangis sepanjang malam hampir tidak bisa tidur karena kesedihan untuk hari pertama sekolah. Ibunya, sedikit khawatir, bangun pada 4 Maret sedikit lebih awal dan menyiapkan sarapan yang disukai Maria: roti panggang dengan mentega dan keju kambing.

Tapi Maria hampir tidak makan apa-apa.

Pukul 08.00 mereka meninggalkan rumah menuju sekolah yang jaraknya 11 blok dari rumah Maria.

Tetapi ketika dia sampai di pintu sekolah, Maria bertemu tetangganya Rocío.

Ketika dia melihat Rocio masuk sekolah tanpa kesulitan apapun, María mengikutinya. Bersama-sama mereka masuk sekolah pada hari pertama dan setiap hari setelahnya sampai mereka menyelesaikan sekolah dasar.

1. Kronik peristiwa sejarah

Tenggelamnya Titanic

Pada tanggal 15 April 1912, salah satu tragedi bahari terbesar dalam sejarah terjadi; tenggelamnya Titanic.

Pelayaran ini adalah pelayaran perdana Titanic yang berkilauan. Itu harus melintasi Samudera Atlantik sampai mencapai pantai Amerika Utara di Amerika Serikat.

Namun, tujuan lain dari kapal yang luar biasa itu: malam sebelumnya, pada 14 April 1912, sekitar pukul 11:40, Titanic bertabrakan dengan Gunung Es raksasa yang merobek lambung kapal sedemikian rupa sehingga, kemudian, Dalam beberapa jam, Titanic tenggelam ke dasar laut.

Meskipun ada upaya dari kru untuk meminta bantuan lewat radio, tidak ada kapal yang mendatangi mereka. Jadi, tanpa bisa melihat fajar (tepatnya pukul 02:20) tanggal 15 April, Titanic sudah terkubur di dasar laut.

Tragedi itu memakan lebih dari separuh populasi (1.600 orang tenggelam dengan perahu ketika total penumpang untuk perjalanan itu 2.207 orang).

1. Kronik perjalanan

Hari pertama perjalanan liburan kita

Bus berangkat pada pukul 17.00 pada 20 Februari tahun ini. 10 hari berikutnya kami akan menghabiskan waktu di pegunungan, di kota Bariloche, provinsi Neuquén, Argentina.

Setelah tiba jam 12 siang pada tanggal 21 Februari, kami bersiap untuk mengambil kamar. Setelah mandi air hangat kami pergi ke mall untuk makan siang.

Kami akhirnya menemukan sebuah restoran yang kami semua suka. Kami makan di sana dan sekitar pukul 14.00 kami kembali ke hotel untuk memulai tamasya pertama liburan kami: kunjungan ke Gunung Otto.

Kami tiba di sana pada pukul 15.00 dan, setelah pendakian, kami mengunjungi museum dan toko kembang gula berputar. Tentu saja kami tidak dapat menghindari minum kopi di kembang gula dan mengamati Cerro Tronador yang megah (selalu bersalju, selalu indah untuk dikagumi) di kejauhan.

Nanti kita mengunjungi hutan yang letaknya menyamping di bukit Otto yang sama.

Kami berhasil mengambil banyak foto dan, pada pukul 19.00 kami memutuskan untuk kembali.

Kemudian di hotel, kami mengganti pakaian kami dan berangkat mengunjungi mal, berbelanja, dan makan makanan laut.

Sekitar jam 11 malam kami kembali ke hotel, lelah dan ingin tidur dan keesokan harinya memulai petualangan keluarga lainnya.

1. Kronik sebuah fakta

Lucia datang ke rumah saya setiap pagi ketika kami masih perempuan. Saya ingat pada tahun 1990 kami berdua bermain di jalanan dari pagi sampai matahari terbenam.

Namun, setelah beberapa tahun, Lucia berhenti datang untuk bermain. Tentu saja, waktu berlalu dan kami bukan 10 tahun lagi ... Dia dan saya akan berusia 15 tahun pada musim semi 1995. Masuk akal bahwa dia tidak lagi datang untuk bermain seperti yang kami lakukan sebelumnya. Namun, dia juga tidak mengunjungi saya.

Natal 1995 dia bahkan tidak menelepon saya di telepon. Rupanya teman saya, Lucia, berkencan dengan seorang anak lelaki yang sangat tampan.

Tahun-tahun berlalu dan saya menyesali keterasingannya tetapi teman-teman lain datang ke dalam hidup saya.

Namun, sesuatu akan terjadi: pada 17 Juni 2000, pukul 14.35, Lucia datang ke rumah saya seperti dulu, hanya saja, kali ini dia patah hati karena ibunya akan meninggal. .

Pada saat itu semua rasa sakit dan kesedihan saya hilang sehingga saya bisa menahan rasa sakitnya. Jarak mereka tidak lagi menjadi masalah selama tahun-tahun ini.

Ibunya menderita kesakitan selama hampir 4 bulan dan pada tanggal 1 Oktober 2000, dia meninggal karena kanker yang mematikan.

Rasa sakit Lucia sangat luar biasa tetapi dia terkendali dan ditemani oleh semua orang yang dicintainya.

Hari ini, 15 tahun kemudian, setelah acara itu, saya dapat mengatakan bahwa Lucía dan saya masih berteman dekat seperti ketika dia datang untuk bermain di sore hari di tahun 1990.